06 Januari 2009

Jason Becker ... menciptakan komposisi lagu dengan kedipan mata


Jason Becker , seorang gitaris neoclassical yang namanya melegenda semenjak dia membentuk band Cacophony bersama Marty Friedman.Karya²nya yang super unik membuatnya semakin dikenal di kalangan gitaris² senior lainnya.
Contohnya saja ...coba dengarkan karyanya yang berjudul Serrana ..., atau Altitudes ...
Komposisi Altitudes ini bener² membuat saya larut dalam kesedihan karena tiap not yang dia petik ... serasa mengungkapkan kesedihan yang dia alami ... apalagi dengan gaya petikannya yang bener² mencerminkan emosi sang Maestro.
Di albumnya yang berjudul Perpetual Burn ... dia menciptakan & memainkan hampir seluruh alat musik , dan dibantu sobatnya Marty Friedman sebagai Guest Player , dia merampungkan album tersebut dinaungi Shrapnel Records.

Sayangnya ... , semangatnya dalam berkarir harus tertunda sejenak karena dia mengalami sakit kelumpuhan (ALS/Lou Gehrig Disease) , seminggu setelah bergabung dengan David Lee Roth Band.
Namun , penyakit nya tidak membuat semangatnya luntur dalam menciptakan lagu, meski tubuhnya semakin lemah. dia masih saja bersemangat menciptakan komposisi² unik.
Dengan dibantu kecanggihan perangkat komputer buatan sebuah perusahaan komputer besar di Amerika, dan program buatan ayahnya, dia sanggup menciptakan lagu .
Peralatan komputer tersebut secara canggih membaca kedipan mata dan di aplikasikan pada sebuah program untuk menciptakan notasi².

Akhirnya ... sebuah karya lagi di luncurkan dengan tajuk Perspective , dibantu teman²nya sesama musisi. Meski dia tidak memainkan sendiri komposisi yang dia ciptakan, tapi karya²nya yang dimainkan teman²nya tersebut terdengar lebih matang dan "catchy" ,seolah-olah dia mengungkapkan perasaan² yang tidak bisa diutarakannya .
Coba dengar saja lagu berjudul "Rain"di album ini, sebuah ungkapan kerinduannya kepada hujan... kepada MahaKarya Tuhan ....
End Of The Beginning ... komposisi lain di album ini juga dikemas dengan komposisi orkestra yang terdengar ceria ... namun di tengah ruang ritme yang keluar dari paduan orkestra, terdengar suara petikan² dan lengkingan gitar yang menyayat hati , seolah kita diajak merasakan kegetiran yang dia alami.Suatu komposisi yang dahsyat ...


Donlot lagunya di sini (klik kanan judul lagunya , trus pilih "open link in new tab") :
1. Altitudes
2. Rain
3. End Of The Beginning ...


Just My Opinion ...


* sore² browsing sambil nunggu istri pulang kerja ... ditemani segelas Jus Alpukat + brownies made in toocoolmania (thx 4 the delicious brownies oom)

2 komentar:

RifkyMedia™ mengatakan...

ini dia maestro gitar.berusia muda saat mulai debutnya,namun sayang penyakit membuatnya terkapar di kursi roda,Thanks for macintosh untuk perangkat PC nya spesial buat Mr.Jason Becker sehingga dia tetap berkarya! jaya selalu Heavymetal!!

Blurain mengatakan...

Thx Oom Panz ,Keep On Rockin' ...!!!

blogger templates | Blurain's Blog